Catatan Teman

Tukang rujak ini…

tukang rujak ini...

tukang rujak ini…

Ion kau dimana sekarang…?
biasa Jo, di kantor seputaran Dharmawangsa, nguli Jo, eh kau udah pulang umroh…?
udah Ion, kemaren dua hari yang lalu lah, tepar aku Ion, pake batuk-batuk dikit, nanti aku ke kantor kau ya…? jam berapa yang tak ganggu jam kantor kau…?
wuih enak kali kudengar, masih bau arab kau ini… biasa pas jam 12.00 aja sepulang sholat kita ngobrollah, ada bawa unta kau …?
ah kau ini, tetap bau badanku lah mana pulak bisa ganti-ganti, macam sarung handphone aja ganti-ganti… ok lah Ion, sebelum jam 12.00 aku udah dikantor kau, bareng kita sholatnya, ada sedikit kubawa kau air zam-zam plus kurma… plus pesanan kau… jangan pura lupa kau…?
ha..ha… ha paten kali kawan awak satu ini, hampir mau kutanya, ternyata ingat juga kau…
Bah si Ion, masih kerja lagi rupanya dia, aku kira dia nekuni bisnis dombanya, ah sudahlah nanti kutanyakan, masih 2 jam lagi, mungkin sebaiknya aku siap-siap, iya siap-siap menikmati keramahan kemacetan ibukota kita.

Bentar ya Jo, ada dua lembar lagi, seteah ini langsung cabut kita, setelah laporan rutin kelar, aku pamit ama teman kantor Wi, aku keluar lebih cepat seperti biasa, 5 menit sebelum azan, mau pesan apa Wi…?
sip, tar tolong beliin rujak aja Ion, yang di pojokkan itu ya, itu yang rada enak kuah dan buah-buah juga segar..
ok Wi, tar bilang ama Si Aan, kalau mau nyusul aku ada seputaran tukang rujak…
Aih mak.  Jo…Jo.. udah macam mafia kulihat kau, Botak, pake kemeja kancing ampe keatas, ah keren kali kau, kekmana cerita Umroh kali ini, umroh kau yang keberapa ini Jo…?
Biasalah, lagi kurang enak badan, jadi kukancing semuanya, makan siang dimana kita…?
nah… kau mau aku ajak tempat favorit aku, tempat biasa tapi Jo, pinggir jalan gitu, tak papa kan, sesekali lah makan di emperan, tak bosan kau makan di mall…?
terserah kau lah Ion, kau yang tahu daerah sini..
nah, makan siang kita hari ini special Jo, kita makan Rujak….
aahh kau ini ada-ada aja masak kita makan siang makan rujak, aku udah terbiasa nasi kebuli kau ajak pula makan rujak…
Ha..ha..ha… nanti kau kasih komen setelah makan rujak di Mas Nar, awas kalau kau ketagihan..

Ahhh pedasnya mantab kali Ion, buah-buahnya segar pulak, ah mantab ini, mas aku bungkus satu ya, kuahnya dipisah yang banyak kuahnya mas…
kan kubilang juga apa, sukak kan kau…Jo..
iya nih, pas kali ini kalau menu buka puasa aku pake rujak ini, mas pas puasa besok mangkal dimana mas…? bakal rutin aku beli, nanti kusuruh staffku beli ini kalau perlu karyawanku tak bekali ini buat buka puasanya…
ooh Alhamdulillah, maaf pak, terima kasih, saya kalo bulan ramadhan tidak jualan pak…
laaahhhh kok gak jualan mas, kenapa… dilarang ya…?
owwh bukan pak, sudah kebiasan saya pak setiap tahunnya,kalo ramadhan saya pulang kampung, puasa di kampung pak, liburan lah pak, jadi mungkin liburnya 1 bulan lebih dikit.
oooh… kirain, jadi ramadhan bapak cuti tidak jualan 1 bulan penuh, terus dapat duitnya dari mana lagi pak, bapak punya sampingan yang, bisnis khusus bulan ramadhan…?
oh gak pak, saya kan jualan hampir 11 bulan, nah sedikit-sedikit penghasilan selama 11 bulan itu disimpan pak buat liburan ramadhan dan idul fitri pak, in sha ALLAH sangat cukup buat saya dan keluarga pak….

terdiam aku sejenak, tukang rujak ini, bisa meluangkan waktu penuh untuk keluarganya, dan tidak mencari nafkah selama bulan ramadhan, sedangkan aku buat bisnis rumah makan, cabang aku dimana-mana, 12 bulan semua rumah makan aku buka, walaupun ramadhan, oouf… aku seperti ditampar dengan piring rujak, gue kalah ama tukang rujak, kalo dilihat dari penghasilan, aku hitung kasar saja 1 piring 10rb, katakan setiap hari dia sanggup melayani 50 porsi, 500rb, bersihnya katakan 200rb kali 25 hari, dia punya penghasilan bersih 5juta sebulan kali 11 bulan total 55 Juta, penghasilannya. jauh dengan aku penghasilan ratusan juta bahkan sampai puluhan miliar.. namun aku belum pernah meliburkan satu bulan penuh kios-kios makanku, astaghfirullah…

makasih mas Nar, rujaknya uenak bangett… ayo Ion… cabut kita, lagi pula kau kan harus balik kantor..
sip Jo, berjalan pelan, kulihat si Jo banyak diam, setelah makan rujak tadi, padahal kulihat tadi sangat semangatnya melahap hampir dua porsi rujak Mas Nar… kenapa ya…?

eh kau kenapa Jo, tadi kulihat kau semagat kali, kutinggal bentar cari minuman, tiba-tiba kau lemas kayak gitu, kenapa kau… sakit perut kau ya, tadi kulihat semangat kali makannya…
bukan Ion, hmmm nantilah kuceritakan, tar kuambil oleh-olehnya aku langsung jalan ya …
ok Jo, hati-hati kau ya, kalau kau kurang enak badan, baring-baring aja dulu, nanti kalau udah segar baru kau cabut….

makasih Ion, buat jamuan rujaknya, nanti kutelpon lagi …

#CatatanTeman #15062015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress