Catatan Teman

tolong menolong…? wajar kan

Sahabat

Sahabat

Ion, kenapa kau, muka kau kayak enggak pas gitu, kenapa kerjaan kau …? kau ke pedalaman lagi ya..? tempat tak ada signal telepon itu…?
bukan Jo, gak lama lagi bakal dipecat semua kami…
laaahhhh kok tiba-tiba kali, kenapa ????
bisalah Jo, namanya juga kerja sama orang bisa setiap saat dipecat, dengan segala macam hal, apa perusahaannya bangkrut, ganti pemimpin, suka-suka yang punya perusahaanlah, macam aku yang karyawan ini mau kek mana lagi …
Kau Ion, lembek kali, tapi kau kan ada usaha lain, beras organik dan ternak domba, itu kan masih jalan Ion…?
sudah selesai dua bulan kemaren pas aku bolak balik ke pelosok itu, aku gak bisa kontrol lagi, aku serahin keteman aku buat ngejalanin ulang, modal-modal teman-teman yang dititipkan ke aku, aku balikan semua, tak puas aku dengan hasilnya, sampai-sampai tabungan buat anakku sekolah kepakai semuanya, habislah Jo, tapi pas dua bulan kemarin aku masih tenang-tenang aja, soalnya aku kan masih kerja, selama dua bulan ini aku  cari-cari peluang, tapi yang dekat-dekat ajalah, biar gampang aku mengawasinya, tapi sampai sekarang belum dapat juga, ditambah pulak isu kayak gini, agak kaget juga aku, umur aku bukan usia produktif lagi buat ngelamar-lamar lagi, gitulah, makanya mukaku jadi gak pas gini…
Astaghfirullah Ion, aku bisa bantu apa Ion, ngomong ajalah ama aku…?
janganlah, kau juga pasti punya masalah juga, masa aku yang punya masalah kau pula yang repot…
bukan Ion, jangan tersinggung lah kau, kita kan berteman udah lama, bukan setahun dua tahun Ion, hampir 20 tahun kita berteman, wajarlah kalau ada yang susah, kita saling bantu, lagi pula wajar kan tolong menolong….?
iya, paham kali lah aku, wajar tolong-menolong, tapi sudahlah untuk sekarang doain aja aku Jo, bisa lewati cobaan demi cobaan ini, aku terima kasih kali kau sudah mau bantu aku, sementara ini doain akulah. nanti mana tahu aku punya jalan yang paten untuk masalah demi masalah ini, kalo kata-kata orang yang pintar-pintar itu, kita dikasih cobaan karena kita sudah sanggup, enggak serta merta kita dikasih cobaan tanpa dipersiapkan, semua sudah ada yang ngatur, kita tinggal berusaha yang terbaik yang kita bisa An, aku lagi coba pahami kata-kata orang ini Jo …eh kok jadi lupa, aku tadi mau nanya ini, soal restoran kau yang baru, gara-gara berita soal pemecatan jadi buyar gini jadi kek mana restoran kau yang spesial itu … udah jadi ?
dalam tahap penyelesaian Ion, nanti kalau sudah jadi kau datanglah ke peresmiannya
jadi sistem restoran itu seluruh penghasilan gimana…?
nantilah Ion, pas udah jalan baru aku kasih tahu…  yang pasti ini harus spesial Ion.
oh ya Ion, kau dengan kabar dari si Nawir, dia ketipu telor bebek, kabar terakhir kudengar dia gadaikan rumahnya untuk bayar ke petani-petani…
Iya Jo, pas kejadian itu dia tidur tempat aku, dia cerita semuanya pas kejadian itu bertepatan pula orang tua dia sakit, jadi kalutnya bertambah-tambah, telor bebek dicuri, rumah hilang orang tua sakit, pas aku dengar, aku gak bisa ngomong apa-apa An, selain bengong.pas pulak aku gak bisa bantu dia, soalnya kita barengan, jadi ketipu berjamaah lah…
alamak kalian ini macam tak punya teman aja, tak mau cerita-cerita…
bukan tak mau cerita Ion, kau pas lagi di China, ke Shenzen kau bilang itu, mana mungkinlah kita cerita-cerita pas kau lagi jalan-jalan, ada -ada aja kau ini…
Ion…Ion jadi apa yang kita bisa buat sekarang Ion, tak bolehlah kita diam kalau ada teman kita yang susah, kita harus berbuat sesuatu lah Ion
Tenang An, aku lagi susun rencana ama dia, yang pasti ini tetap berkenaan kegiatan di hululah, udah cinta kali aku ama sektor hulu ini, nanti kalau sudah matang pasti kau aku libatkan Jo, tolong menolong lah kita, pas tepat waktunya kau masuk juga ya Jo..
iya lah tolong menolong itu bukan perbuatan aneh.

serunya bercerita di warung kopi langganan kami, dua cangkir kopi ini rasanya masih kurang untuk bicara-bicara santai, suasana warung kopi sangat menunjang untuk kita berbicara tanpa gadget, dia punya program keren bagi siapa-siapa yang mau meninggalkan gadgetnya di meja penitipan, warung ini menyediakan wifi, tapi bagi yang tidak menggunakan diberikan harga yang spesial, jadi mau gak mau, disini kami bisa ngobrol panjang kali lebar tanpa gadget yang mengganggu.

#CatatanTeman #30062015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress