Bincang Peluang

#SinergiBersih di biji kopi

#SinergiBersih dan biji Kopi…?

maksudnya…?

dalam pemahaman saya pribadi sinergi adalah kerja sama, saya tambahkan kalimat bersih disana untuk menguatkan maknanya.

Kerja sama adalah hal yang lumrah yang biasa dilakukan oleh kita, semua kegiatan pasti dengan kerja sama, kegiatan apa yang tidak membutuhkan kerja sama? bahkan seorang yang supermandiri hebat dan digdaya sekalipun, pada saat dia mati dia butuh orang lain.

semua hal yang kita lakukan, ada unsur kerja sama, kerja sama yang saya maksud dalam sinergi bersih adalah
kerja sama dengan  semangat kekeluargaan,
kerja sama yang saling menguntungkan.
kerja sama yang bebas suap menyuap,tipu-menipu, dan beragam unsur-unsur negatif dalam mewujudkan kerja sama.
#SinergiBersih adalah kerja sama yang diliputi oleh unsur-unsur positif.

nah kalau biji kopi..?
Biji kopi ini hal yang seru, dimana letak serunya…?
Seperti dalam tulisan saya sebelumnya, Indonesia di anugerahi lahan yang subur, sehingga kita bisa menikmati aneka ragam cita rasa kopi, mulai Aceh hingga Papua. Jenis kopi yang paling favorit yang sering saya dengar ada dua yang utama. yakni Arabika dan Robusta, ada pun jenis Liberica dan Excelsa ini sudah punah, mungkin masih ada tersisa Liberica di daerah Jambi.

Disini saya coba memaparkan dengan singkat mengenai Arabika dan Robusta.
Arabika biasa tumbuh didaerah dataran tinggi dengan ketinggian antara 1000 m hingga 1500 m diatas permukaan laut, sedangkan Robusta dapat tumbuh di dataran rendah, diketinggian 400 m dpl.
Arabika dengan aroma harum,biji yang lebih besar dari robusta dan nilai kafein setengah dari robusta, aneka cita rasa arabika tergantung dimana ia ditanam.Robusta dikenal dengan cita rasa yang pahitnya yang kuat, sehingga robusta ini biasa dijadikan campuran minuman beraroma kopi karena dengan cita rasa pahitnya yang kuat.

Jadi bagaimana #SinergiBersih di Biji Kopi…?

sederhananya adalah kerja sama dalam hal mengenalkan potensi-potensi daerah penghasil kopi di Indonesia.selain kita menikmati aneka cita rasa kopi dari masing-masing daerah, kita juga mengetahui potensi-potensi wisata di daerah penghasil kopi.
kalau kita lihat paparan saya tadi mengenai tempat tumbuhnya Arabika adalah dataran tinggi, yang tentunya kesejukan dan panorama keindahan alam pegunungan.
Kopi gayo dengan gunung Burni Telong, Pagar Alam dengan Gunung Dempo,Jambi dengan gunung kerinci dan daerah-daerah penghasil kopi lainnya.
apa yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan daerah-daerah tersebut…?
selain kita melakukan pencarian dengan kata kunci daerah penghasil kopi kita melakukan kunjungan fisik ke daerah tersebut. upaya yang kita lakukan adalah membuat sebuah ruang pajang daerah penghasil kopi didaerah-daerah yang potensial.
Dimana dalam ruang pajang kopi,RuPa Kopi Indonesia kita bisa menikmati nikmatnya kopi daerah tersebut dengan suasana yang khas dari daerah tersebut.

bisa terbayang kan…? RuPa Kopi ini juga dimiliki oleh gabunganpetani-petani kopi yang ada di daerah tersebut. keinginan saya adalah 1 Gabungan Petani Kopi punya 1 RuPa kopi dimotori oleh 3 orang yang punya kemampuan untuk memajukan potensi kopi Indonesia.
dimana 3 orang tersebut bersama Gabungan petani Kopi Indonesia bersama-sama berusaha memajukan kopi asli Indonesia, yang selama ini dikenal dengan ekspor bahan mentah biji kopi (green bean) menuju ekspor cita rasa kopi dalam bentuk siap giling (roasted bean) di RuPa Kopi Indonesia.

berminat menjadi salah satu penggerak “Saatnya Ekspor Cita Rasa Kopi”.
kirim email kosong dengan subjek RuPa Kopi ke arettacoffee@gmail.com.

mari #SinergiBersih bersama kita wujudkan
“Saatnya Ekspor Cita Rasa”

image
salam

@febrianeffendi
#03042014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress