Bincang Peluang

Ngopi kita…

 

Ngopi kita...?

Ngopi kita…?

Sering dengar kata-kata….ini

eh ngopi dulu yuk…
udah deh, ngopi aja dulu…
bagaimana kalau kita sambil ngopi-ngopi…
ngopi yuk….

dan beragam ajakan buat ngopi-ngopi atau sekedar bersantai bicara beragam hal dengan santai…
saya bersyukur sekali tinggal di Indonesia yang dianugerahi lahan yang sangat subur sehingga bisa ditanami kopi dengan aneka cita rasa.

biji kopi Indonesia sangat terkenal dengan keaneka ragaman rasanya, mulai dari Sumatera,Jawa,Bali,NTB,NTT, Sulawesi dan Papua. dalam satu dataran saja saya bisa menikmati perbedaan rasa kopi Indonesia.ini yang pernah saya cicipi biji kopi dari dataran Gayo dari dataran yang berbeda memiliki cita rasa yang berbeda pula.

Dengan kesuburan lahan yang dimiliki Indonesia, maka sudah sepantasnya kita bisa menjadi produsen biji kopi terbesar di Dunia. sampai saat ini Indonesia menduduki peringgkat ketiga produsen Kopi dunia. dimana Brazil peringkat pertama, disusul oleh Vietnam.
Biji kopi asli Indonesia ini sudah terkenal di luar Negeri, bahkan saya pernah melihat surat dari salah satu cafe ternama di dunia, mengirimkan surat ke petani di Aceh, untuk memenuhi kebutuhan kafenya. keren kan…tapi..

kenapa pake tapi…?

iya sayangnya biji kopi yang biasa dikirim adalah dalam bentuk mentah, green bean.
saya lagi membayangkan petani Indonesia bisa ekpor cita rasa, yaitu dalam bentuk Roasted bean.

sebelum kita bicara lebih jauh tentang bagaimana tentang ekspor cita rasa ke seluruh penjuru dunia, ada baiknya kita mencoba meningkatkan konsumsi dalam Negeri bangsa kita.
caranya…?
1. mulai secara perlahan-lahan meninggalkan kopi instant dan mulai konsumsi kopi dari biji kopi yang tersedia dengan aneka ragam cita rasa asli Indonesia
2. Rumah makan yang ada di negeri ini secara perlahan-lahan menambahkan menu minuman kopi yang berasal dari biji kopi.
3. para chef Indonesia mengasah kemampuannya dengan membuat hidangan lezat dari biji kopi.

untuk memulai menikmati kopi yang enak itu tidak sulit kok, cara yang paling gampang adalah pergi ke kafe shop anak bangsa.
cara kedua adalah membuat kopi yang segar dari dapur rumah, caranya pun sangat gampang :

1.sediakan 7 hingga 10 gram biji kopi pilihan.
2. digiling dengan grinder,khusus kopi. grinder kopi ini juga sangat banyak di pasaran mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tersedia.dari manual hingga elektrik.
3. seduh biji kopi dengan 150 ml air dengan suhu 80 hingga 90ºc.cara nyeduhnya ada 2 cara boleh air panasnya dulu baru diatasnya dituangkan bubuknya atau bubuknya terlebih dahulu baru kemudian air panasnya.
4. diamkan 3 hingga 4 menit
5. aduk cukup bagian atasnya
6. boleh digetok getok sedikit, sehingga bubuk kopinya jatuh ke dasar cangkir.
7. selamat menikmati kopi tubruk, asli Indonesia

ayo kita #Ngopi sambil bincang-bincang santai tentang #SinergiBersih untuk mewujudkan mimpi mengekspor cita rasa kopi Indonesia.

salam Ngopi
@febrianeffendi
#02042014

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress