Bincang #SinergiBersih Bincang Keluarga

Ngopi dirumah dan di kantor…?

image

Manual espresso

Kebiasaan ngopi saya sebelum tahun 2014 suka yang praktis dan serba instant semua mau cepat seakan akan waktu 24 jam sehari itu kurang untuk meluangkan waktu buat diri sendiri, semua ingin serba cepat, makan instant, minum instant, camilan pun instant tanpa kita sadar prilaku instant itu pasti memberikan kontribusi kepada kesehatan tubuh kita, saya pribadi belum mendapatkan info ketika kita menikmati hidangan serba instant tersebut tubuh kita akan segera sakit atau bahkan bisa lumpuh dalam waktu yang cepat.tapi satu yang pasti info yang akurat, mengkonsumsi makanan dan minuman serba instant akan memberikan dampak kurang baik bagi tubuh kita tidak dalam proses yang cepat tapi berangsur angsur.

Disini saya coba sedikit mengulas kebiasaan minum kopi dirumah ataupun dikantor, saya mulai bekerja tahun 1999 hingga 2013, ketika saya ingin menikmati secangkir kopi, maka yang tersedia adalah kopi instant dalam sachet, tidak ada pilihan lain, jadilah saya menikmati kopi dari sachet yang kalau dihitung hitung semenjak saya mengenal minuman kopi saya sudah mengkonsumsi berapa sachet kopi instant ya?
Dikantor menikmati kopi instant dirumah pun saya menikmati kopi instant lagi dan lagi bercangkir cangkir kopi instant masuk ke tubuh saya.

Ini gambaran biji kopi yang digunakan untuk kopi sachet

image

Biji kopi

Sampai suatu saat saya berkenalan dengan metode ngopi yang nikmat dan sehat, pada festival kopi Banda Aceh bulan oktober 2013, disana dijelaskan banyak hal mengenai kekayaan Nusantara di Biji Kopi, ada sekitar 64 perkebunan kopi yang aktif di Nusantara ini, mulai dari Aceh hingga Wamena, Papua dan semua biji kopi yang tersedia di Nusantara ini menyajikan cita rasa yang sangat kaya lewat kopi.dalam satu dataran saja kita bisa menikmati beragam cita rasa dalam satu aroma, tulisan ini akan semakin panjang jika saya mengulas kekayaan cita rasa kopi Nusantara.nanti ada buku ringan yang akan bahas ini.

Setelah kegiatan Festival Kopi Banda Aceh mulailah saya mencari tahu tentang kekayaan Nusantara ini di Biji Kopi.dan semenjak itu juga saya berhenti minum kopi sachet beralih ke menikmati ngopi-ngopi dari biji kopi pilihan, kualitas ekspor, sudah diakui dunia namun asing ditanah kelahirannya.

Ngopi di rumah

image

Ngopi sehat

Sederhananya #NgopiDirumah ini adalah mengganti kebiasaan kopi dari sachet beralih ke konsumsi biji kopi yang segar.
Apa saja yang dibutuhkan untuk merubah kebiasaan ini…? Yang pasti kemauan konsumsi produk produk yang segar yang kedua adalah membeli alat penggilingnya, untuk skala rumahan dana yang dibutuhkan sekitar 300 ribu rupiah, grinder hario pada gambar diatas usianya hampir 3 tahun, saya beli sekitar 500ribu, hingga saat ini, grinder tersebut bisa saya gunakan. Setelah grinder apa lagi yang dibutuhkan, stok biji kopi dalam bentuk biji siap giling

image

Biji kopi Arabika

1. Kemauan.
2. Grinder biji kopi
3. Biji kopi pilihan ( diketahui tanggal pasti roasting nya)

Yup 3 langkah sederhana ini bisa memulai menikmati secangkir kopi kelas dunia di rumah kita.

ngopi di kantor

Bagaimana kebiasan ngopi dikantor kita, sepekan yang lalu saya diceritakan salah satu teman saya, ada satu kantor yang menyediakan kopi yang baik untuk karyawannya, setiap bulan kantor tersebut menghabiskan 30 kg, berarti kalau dirata-ratakan dalam 20 hari ada 1.5kg biji kopi setiap harinya atau sekitar 150 cangkir kopi setiap harinya.

Apa yang dibutuhkan untuk secangkir kopi segar untuk karyawan dikantor?
Sama seperti peralatan di rumah, tapi kalau di kantor praktis dan cepat menjadi kunci utama, selain grinder eletrik, mesin pembuat kopi juga bisa menemani biji kopi pilihan, perlengkapan standar yang dibutuhkan
1. Grinder elektrik mulai Rp 1.7juta hingga Rp 3juta
2. Mesin penyaring kopi mulai Rp 500rb hingga Rp 2juta
3. Mesin espresso otomatis. Mulai dari Rp 20 jutaan sudah ok
4.biji kopi pilihan

Jika jumlah karyawan kantor kurang dari 10 orang, cukuplah perlengkapan #NgopiDiRumah digunakan ditambah grinder elektrik guna mempercepat proses penggilingan biji kopi ( syarat utama fresh coffee, giling hari ini, seduh hari ini )

Jika karyawan sudah puluhan bahkan ratusan dalam satu lokasi maka alokasi dana buat ngopi- ngopi yang sehat dibawah Rp 30 juta. Ini mah sekali urunan di kantor-kantor BUMN dan BUMD cukup sekali urunan, atau pihak manajemen berbaik hati menyediakan mesin kopi terbaik untuk karyawannya.

Jika dirumah dan di kantor sudah ngopi sehat dimulai dari biji kopi pilihan langsung petani, bayangkan betapa hebatnya kerja sama gotong royong #SinergiBersih yang terlaksana. Karyawan mendapatkan biji kopi terbaik, kualitas ekspor, petani mendapatkan pemasukan yang lebih baik ketimbang melakukan ekspor dalam bentuk mentah.

Ngopi di rumah dan di kantor serta program #1JutaCangkirKopi.

Dua lokasi tersebut aretta mencari 10 rumah pertama dan 10 kantor pertama yang siap #SinergiBersih dengan petani aretta coffee

Berapa rumah atau kantor yang dibutuhkan untuk kontribusi gerakan #1JutaCangkirKopi ?

200 ribu cangkir untuk rumah dan
200 ribu cangkir untuk kantor

Kami memulainya dari 10 rumah dan 10 kantor ?

Rumah temankah yang menjadi 10 yang pertama ?
Atau
Kantor temankah yang menjadi 10 kantor pertama ?

#SinergiBersih dengan kami ?

Hubungi 082166435000 (sms) dengan format
1. minat #NgopiDiKantor jika kantor
2. Minat #NgopiDiRumah jika dirumah

Jika kerepotan menyediakan peralatan yang dibutuhkan, kami siap menyediakan untuk teman-teman semua cukup sms kami, biar kami siapkan paket terbaik untuk teman semua sesuai kebutuhan

Just #ClickAndCare

@febrianeffendi
#04122014

Incoming search terms:

4 Comments

  • June 25, 2015 - 11:32 | Permalink

    Adduuuh kopi arabika udah lama… 🙁 enak banget kopi itu ><

    • admin
      June 25, 2015 - 11:51 | Permalink

      Oh ya, biasa ngopi arabika dari daerah mana?

  • Abdurachman FJ
    January 22, 2016 - 17:57 | Permalink

    kalo satu paket peralatan sederhana untuk di rumah, kira-kira butuh dana brp ya?

    • admin
      January 22, 2016 - 18:05 | Permalink

      Terima kasih pertanyaannya

      1. Grinder /penggiling biji kopi, saya memakai porlex tall Rp 750.000
      2. Kalau untuk alat seduh yang sering saya gunakan
      A. aeropress Rp 590rb
      B. Kono drip 3-4 cangkir 185rb yg untuk 1-2cangkir 150rb kertas penyaring 80-90rb

      Ada banyak alat seduh manual, sederhananya dimulai beli penggiling biji kopi

      Untuk awal sebaiknya beli penggiling manual,
      porlex tall Rp 750rb
      Atau Rok grinder Rp 3jt
      Mudah-mudahan bisa menjawab
      Budgert awal Rp 1juta bisa berpetualang cita rasa kopi indonesia
      Selamat ngopi

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress