Bincang #SinergiBersih Bincang Peluang

Ngopi dan Komunitas

image

Masih seputar ngopi dan ngopi, beberapa waktu yang lalu sebelum saya datang ke Graha Inspirasi di Rawamangun saya berkesempatan ngobrol santai dengan juragan ekspor kopi Nusantara ke luar, dari sana saya banyak tau mengenai seluk beluk dunia ekspor khususnya biji kopi.

Diujung bincang bincang santai, kesimpulan saya secara pribadi adalah, ada kekhawatiran beliau selaku eksportir mengenai mulai maraknya kedai kopi lokal, dan masyarakat Nusantara sudah mulai ngopi secara benar dan mengerti ngopi yang baik serta tau mana kopi yang enak mana yang tidak.
Bentuk kekhawatirannya adalah kebutuhan kopi yang terbaik akan habis untuk konsumsi lokal, sehingga mengurangi jatah ekspor, ada mimpi petani, kalau mau ngopi silahkan datang ke kebun kami, kami akan hidangkan kopi terbaik yang kami miliki, kami akan persembahkan biji kopi terbaik yang kami olah dari tangan-tangan kami kami sendiri.

Kalau selama ini info yang saya dapat dari petani adalah biji kopi kualitas terbaik selalu dikirim keluar Negeri, karena banyak sekali peminatnya, sedangkan sisanya diberikan kepada industri lokal yang ada, namun harga yang dibayarkan belum mampu mensejahterakan petani secara keseluruhan, hanya segelintir orang saja yang menikmati berkah ekspor ini.

Bagi yang paham kondisi ini tentunya tidak boleh diam, apa yang kita bisa lakukan agar semua lini di dunia kopi mendapatkan bagian yang pantas untuk komoditas biji kopi ini, jangam hanya sebahagian tapi seluruh lini, mulai dari hulu hingga ke hilir sehingga komoditas biji kopi ini semakin diminati baik secara nilai uang yang dihasilkan, juga kita bisa menikmati biji kopi yang kaya cita rasa. Uang dapat, kenikmatan biji kopi nusantara yang dikenal dunia pun bisa kita nikmati.

Aretta dengan program #1JutaCangkirKopi terus bergerak semampunya mengenalkan biji kopi dari Nusantara untuk seluruh penghuni Nusantara, agar semua kita bisa tahu potensi dari biji kopi untuk kita semua.

Program #1JutaCangkirKopi lewat kegiatan
1. #NgopiDirumah
2. #NgopiDiKantor
3. #NgopiDiKomunitas
4. #NgopiDiAcara
5.  #NgopiDiResto

Kalau point satu, dua dan lima sudah saya bahas ditulisan sebelumnya, sedikit dalam tulisan ini saya coba paparkan mengenai #NgopiDiKomunitas dan #NgopiDiAcara

#NgopiDiKomunitas

Komunitas secara garis besar adalah sekumpulan orang-orang yang satu visi satu langkah untuk mencapai mimpi yang sama.
ada berapa banyak komunitas?
ada berapa banyak acara dalam satu komunitas?
Seberapa sering terjadi sinergi antar komunitas ?
Dan lagi berapa banyak acara yang dihasilkan dari sinergi komunitas tersebut..?

Jika ada 5 kegiatan di program #1JutaCangkirKopi maka setiap kegiatan diharapkan mampu memberikan kontribusi 200ribu cangkir.

200 ribu cangkir sama dengan 2000 kg biji kopi, katakanlah 1 acara dalam komunitas menghabiskan 100 cangkir ( 1kg) maka dibutuhkan 2000 acara dalam 1 komunitas atau 2000 komunitas 1 acara.

Dalam satu bulan ada berapa komunitas yang mengadakan acara? Apakah komunitas teman-teman yang mengambil aksi nyata bersama petani kopi aretta ? Alhamdulillah graha inspirasi mengambil langkah cepat menggandeng aretta coffee untuk sinergi mengenalkan kopi dan ngopi yang benar.mudah-mudahan awal tahun 2015 bisa segera kami buka pojok aretta coffee di graha inspirasi, dan semuanya dimulai dari biji kopi.

Komunitas teman-teman ingin ambil peran dalam program #1JutaCangkirKopi segera sms ke no 082166435000 dengan format #MinatNgopiDiKomunitas. Kami akan segera hubungi pola sinergi yang saling menguntungkan, sinergi yang bersih.

Hal pertama yang harus kita lakukan ganti menu kopi kita dengan membeli biji kopi pilihan, biji kopi yang diketahui sumber-sumbernya, biji kopi yang diketahui tanggal roastingnya mari kita mulai bareng-bareng ngopi yang benar.

Kita semua bisa memulainya detik ini juga, yuk #BarengBareng kita siapkan petani kopi Nusantara siap menyambut tamu-tamu Pasar bebas 2015.

#NikmatKopinya
#SejahteraPetaninya
*Teuku Wisnu 2014

@febrianeffendi
#18122014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress