Bincang Santai

Mau buat paspor…? 

 

Mau buat paspor

 

Pekan kemarin sempat direpotkan dengan urusan memperpanjang paspor, bermula dari server yang down, yang menyebabkan aplikasi online terhambat total selama 7 hari lebih dan akibatnya bisa kita tebak, pelayanan tidak akan maksimal, yang paling gampang dilihat adanya  penumpukan aplikasi.

Akhirnya dicoba lewat jalur offline, walk in, yang biasanya jam 05:00 dini hari orang biasa mulai mengantri, pekan ini orang-orang lebih rajin dari biasanya, jam 03:00 dini hari sudah antri di depan pagar Kantor Imigrasi Kota Depok dan bisa ditebak, jatah walk in dibatasi hanya untuk 40 aplikasi saja.
Setelah saya hitung acak, saya berada di antrian 50 an, jadi percuma juga antri, keluar dari antrian dan coba ajak warga yang sudah antri sejal pagi untuk memisahkan jalur, siapa saja yg melakukan daftar online dan siapa yang offline, berkurang antrian sebanyak 5 orang, hanya 5 orang yang pada hari itu mengisi pendaftaran secara online, bertanya sejenak dengan yang melakukan aplikasi online tersebut.
Setelah mengisi aplikasi secara online, kita akan diminta membayar ke Bank Rp 300rb plus biaya administrasi Bank, yang perlu teman-teman perhatikan disini adalah ketikat mengisi aplikasi online, sebaiknya menggunakan laptop, guna memudahkan proses pengisian dan menghindari kesalahan.karena setiap kesalahan yang dilakukan oleh warga untuk aplikasi paspor ini menyebabkan dana yang sudah kita setor hangus masuk kas Negara, nah kalo pihak Imigrasi yang melakukan kesalahan apa yang hukumannya ?
Saran pertama, untuk aplikasi online tidak boleh ada kesalahan sedikit pun dalam proses pengisian, karena untuk mendapatkan jadwal wawancara dan foto didapat setelah kita melakukan pembayaran, jika kita sudah melakukan setoran ke kas Negara, tidak ada ketentuan untuk mengembalikan uang tersebut…cakep dah..
Saran kedua, sebelum urus paspor lihat dulu alamat tempat mengurus paspor tersebut, jika ramai kita bisa memilih alamat lain untuk pengurusan. (Lingkungan Jabodetabek ) . Cek www.imigrasi.go.id
Cukuplah dua saran ini buat teman-teman yang ingin membuat paspor, teliti pada setiap proses, terutama pada saat melakukan aplikasi online.
Server down kesalahan siapa?
Bagaimana warga bisa memberikan hukuman bagi penyelenggara negara yang salah? Agar memberikan efek jera dan sungguh-sungguh melayani kebutuhan masyarakat, karena sejatinya pejabat negara yang dibiayai oleh Negara harus totalitas dalam melayani masyarakat.
Adanya pejabat yang melayani kebutuhan masyarakat, mereka harus betul-betul tahu bagaimana agar pelayanan bisa dilakukan dengan nyaman dan cepat.

Depok, #13032015

@febrianeffendi

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress