Bincang #SinergiBersih Bincang Peluang

kopi ? mau panen lagi ya ?

panen lagi

Kalau dengar kata panen, biasanya apa yang muncul dibenak kita, hasil yang baik, melimpah, dan pasar yang jelas…? atau panen ini mempunyai arti yang berbeda bagi teman-teman…?
arti yang pasti adalah menghasilkan, mulai dari hasil panen yang paling baik hingga hasil yang biasa-biasa saja bahkan rusak, semua itu adalah gambaran sederhana tentang panen.

Sebelum panen ada proses yang cukup panjang, namun yang menjadi perhatian saya utama adalah kehidupan petani tersebut dari panen ke panen. kalau hasil panen sudah punya pasar yang jelas dan pembayaran yang pantas, kita tidak akan dapatkan petani-petani yang berhutang hanya untuk menghidupi keluarganya. permasalahan kesejahteraan sudah berulang-ulang disampaikan, bahkan dari satu kampanye ke kampanye berikutnya persoalan kesejahteraan petani ini menjadi “bahan kampanye” yang sangat gurih, tak jarang kita terlena dengan susunan kalimat-kalimat kaum berpendidikan tinggi untuk merangkai kata dan menjadikannya sebuah pengulangan tanpa makna.itulah yang saya lihat dari mulai tahun 1997 hingga detik hari ini.

Lewat web ini, saya akan terus berbagi, berusaha mencari cara yang paling baik bagaimana sebuah hubungan hulu dan hilir itu saling mendukung saling melengkapi lewat keahlian, dan minatnya masing-masing, harus ada kerja sama, sinergi yang memberikan manfaat, sinergi yang bersih dari beragam hal-hal yang memberikan keuntungan salah satu pihak saja, sinergi yang baik hingga hulu dan hilir maksimal mengerjakan pekerjaannya dan mendapatkan hasil yang pantas atas apa yang dikerjakan nya.

Lewat sinergi bersih saya memulai dari tahun 1999 dengan beragam komoditas yang dihasikan oleh sektor hulu, sampai sekarang, setelah berpetualang mencari-cari komoditas yang baik, jatuh bangun dan terjerembab adalah hal yang biasa dan tidak membuat gerakan ini berhenti, terus bergerak dengan segala kondisi, saat ini sinergi bersih fokus ke dunia kopi dengan program Satu Dataran Jutaan Rasa.
lewat program ini, saya mencoba mengenalkan ber aneka ragam cita rasa kopi yang ada di Indonesia serta mencoba mengajak seluruh teman-teman untuk ambil bagian sesuai kemampuan yang kita miliki, jika kita pemilik kebun maka berikan hasil yang sangat baik, hasil yang pantas untuk di sajikan dengan layak, jika kita tempat sangrai belilah hasil panen tersebut dengan harga yang membuat mereka berhenti berhutang, belilah hasil panen mereka dengan harga yang membuat mereka mapan dari panen ke panen berikutnya, jika kita berada di sektor warung hingga cafe, jangan malu-malu membeli hasil sangrai dengan harga yang cukup, harga yang membuat para peyangrai itu menjadi insan-insan yang menjadi punya manfaat bagi keluarga dan lingkungannya, begitu seterusnya mulai dari hulu hingga hilir menghasilkan yang terbaik dan mendapatkan harga yang pantas atas apa yang dihasilkan.

ingin ikut serta ambil bagian, menjadi pejuang #SatuDataranJutaanRasa ? cara yang paling sederhana saat ini adalah membeli hasil panen biji kopi dari kelompok tani mulai dari 50 kilo hingga jumlah tak terbatas sesuai kemampuan yang kita miliki.
kerjasama seperti apa ? email ke arettacoffee@gmail.com dengan subjek #Minat_SDJR (Satu Dataran Jutaan Rasa). kapan saat yang tepat…? sesaat setelah membaca tulisan ini, untuk respon yang cepat sms ke 0812.8443.2239 dengan isi SDJR_alamat email teman-teman.

yuk #SinergiBersih
@febrianeffendi
Depok, 22022016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress