Bincang #SinergiBersih Bincang Keluarga Bincang Sahabat

Keran kebaikan kedua

 

Keran kebaikan

Sambil melihat info-info soal pemblokiran situs-situs Islam, ijinkan saya melanjutkan tulisan tentang Keran kebaikan, kunci utama yang ditekankan oleh ustadz Abdullah Zaen, Lc, MA menekankan kepada “adab”, bagaimana dengan hadirnya kita sebagai Muslim ditunggu dan menyejukan, tangan dan lisan kita tidak mengganggu. Ada 5 hal yang beliau sampaikan

1.Berbekal niat yang benar dan tekad yang bulat
Langkah pertama dalam melakukan sesuatu dimulai dari niat yang benar, niat yang tulus, niat yang dilandaskan kebenaran, berlaku benar dan bersungguh-sungguh dengan niat yang diucapkan, niat yang benar dan kuat akan memacu diri untuk melaksanakan niat tersebut, kekuatan niat akan menjadi pemicu langkah pertama, niat yang sederhana namun kuat, niat ini akan terus menjadi bahan bakar kita, pada saat kita letih menjalankan misi kita, ingat kembali niat kita.
2.  Berbekal ilmu.
yup, product knowledge, isi tekonya sebelum dituang, jika kita mengetahui apa-apa yang kita sampaikan tentu akan mempermudah penerima berita, bahwa hal yang kita sampaikan adalah hal-hal yang telah kita pelajari, dan syukur hal-hal tersebut adalah hal-hal yang telah kita lakukan. beliau menginformasikan kepada kami, coba buka surat 18.Al Kahf ayat 103-104 yang isinya
103. Katakannlah (Muhammad ) : Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang yang paling merugi perbuatannya?”
104. (Yaitu) orang yang sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya.
kita merasa telah melakukan yang terbaik menurut versi kita, namun tanpa berbekal ilmu ia akan sia-sia tentu kita tidak ingin apa-apa yang kita lakukan adalah sia-sia.
3. Mengamalkan kebaikan yang sudah diketahui
ini seperti mengulang pelajaran, apa-apa yang telah kita ketahui dan baik kita amalkan kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari, contoh yang paling gampang adalah, ketika kita ingin anak kita menjadi anak yang shaleh dan soleha, itu harus dimulai dari diri kita apakah sudah menjadi insan yang sholeh dan sholeha, jika belum kembali lagi ke niat dan berbekal ilmu.
4. Berusaha menularkan (dakwah)
kalau kita telah kuat dalam niat, mempelajari dengan sungguh-sungguh jika kita mampu sampaikan itu kepada orang-orang yang terdekat dengan kita, (26.As Syu’ara’ . ) Dan Berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu (Muhammad) yang terdekat) dakwah yang baik adalah prilaku, ketika kita tanpa berkata-kata yang banyak, orang-orang terdekat kita sudah merasakan kehadiran kita, merasakan manfaat. prilaku kita adalah dakwah yang paling tepat, mulai dari yang paling dekat dan mulai yang paling kita mampu, dan kita mulai saat ini.
5. Manfaatkan potensi masing-masing
jika kita memiliki kemampuan menulis yang baik, sampaikan kebaikan dan cara-caranya melalui tulisan, jika kemampuan kita adalah berbicara yang baik, sampaikanlah, jika kita memiliki posisi yang memiliki manfaat bagi orang banyak maka lakukan sesuatu untuk kebaikan yang penuh manfaat bagi orang yang banyak, jika kita diamanahkan harta yang berlimpah, maka gunakanlah amanah harta yang kita miliki pada jalur-jalur kebaikan yang memberikan banyak manfaat.
berkenan lihat surah 61. As Saff
    10. Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih ?
11. (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu, jika kamu mengetahui,
12. niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu kedalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.
Sedikit keluar dari tema pembahasan, saat ini yang tengah ramai adalah isu menaikkan BBM yang ditutupi isu pemblokiran web-web islam, atau yang paling heboh penundaan/pembatalan Bali Nine semua mata saat ini tertuju kepada pemblokiran web-web islam.
apa hubungan web-web Islam dengan keran kebaikan, hubungannya terkait dengan point kelima, yakni jika kita ingin mencari sumber-sumber apapun lewat internet maka tentu kita akan kesulitan, kesulitan karena adanya langkah sepihak bagi pemegang regulator yaitu menyaring info-info yang bertebaran, kalau penyaringnya benar, tentu kita akan berterima kasih namun ketika penyaringnya tidak benar, maka keran-keran kebaikan pada point kelima tidak bisa diketahui oleh publik… ah bisa saja mengkait-kaitkan.
jadilah keran kebaikan dengan niat yang kuat, ilmu yang mumpuni, semua bisa memulainya, jangan diam, kita semua bisa menjadi keran kebaikan, biarkan dunia ini berlimpah kebaikan lewat kebaikan-kebaikan yang kita tebarkan…in sha Allah

Depok, #31032015
@febrianeffendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress