Bincang Sahabat

Kamu sudah tahu …? 

 

kamu sudah tahu…?

 
” PERINGATAN DARI KENGERIAN DAN KERASNYA SIKSA JAHANAM ”

 

🔶 Kedalaman Neraka jahanam :
💍 Dari Abu Huroiroh rodiyallohu’anhu beliau berkata :

 “Kami pada suatu hari pernah bersama rosululloh sholallohu alaihi wa sallam,maka ketika itu kami mendengar suara sesuatu yang jatuh

💎 Maka Nabi bersabda :

“Tahukah kalian suara apakah itu?”

Kami pun menjawab :

“ALLOH dan RosulNYA yang lebih tahu.”

Beliaupun bersabda: “Itu adalah suara sebuah batu yang dilemparkan ke dalam neraka jahannam semenjak 70 tahun yang lalu dan baru sampai ke dasarnya sekarang.”

( rowaahu Muslim)
🔷Panasnya Neraka Jahanam :
📚 Dan di dalam Sohihain dari Abu Huroiroh rodiyallohu anhu berkata :

💎Telah bersabda Rosululloh sholallohu alaihi wasallam :

“Api kalian yang ada di dunia ini yang anak turunan Adam menyalakanya,kadar panasnya hanyalah satu bagian dari 70 bagian kadar panasnya api yang ada di neraka jahanam.”

Mereka para shohabat berkata :

“Demi ALLOH jika satu bagian dari api yang ada di dunia saja yang di pakai untuk menyiksa,maka itupun sudah mencukupi, wahai Rosululloh.”

💎 Rosululloh bersabda :

“Sesungguhnya kadar panas api yang ada di jahannam dilebihkan dengan 69 bagian dari kadar panas api yang ada di dunia,setiap masing-masing dari satu bagian yang di tambahkan pada api di jahanam maka kadar panasnya semisal dengan kadar panas api yang ada di dunia.”

 🔶 Besarnya Neraka Jahanam :
📚 Dan di dalam riwayat Muslim,dari hadits Ibnu Mas’ud rodhiyallohu’anhu

💎 Dari Nabi Shollalohu’alaihi wa Sallam beliau bersabda :

“Didatangkan Neraka Jahannam pada hari itu yaitu hari Qiyamat dalam keadaan memiliki 70.000 rantai kendali untuk menyeretnya,setiap masing-masing dari satu rantai kendali dipegangi oleh 70.000 Malaikat yang akan menyeretnya.”
🔷 Kerasnya Siksaan di Neraka Jahanam :
💎 Dan dari Abud Darda’ Rodhiyallohu anhu beliau berkata :

“Ditimpakan kepada penghuni Neraka Jahannam rasa lapar yang sangat.Maka berubahlah siksaan yang mereka rasakan di dalamnya,sehingga merekapun mulai meratap-ratap agar mereka di beri makanan,maka di berikan kepada mereka makanan dari pohon kering berduri yang tidak membuat gemuk tidak pula menghilangkan lapar.

🔸Kembali mereka merintih meminta makanan dikarenakan belum hilang rasa lapar yang menyiksa mereka sehingga di berikan kepada mereka makanan yang lainnya,tetapi makanan tersebut adalah makanan yang membuat kerongkongan tercekik dan tersumbat hingga mereka sangat butuh untuk minum agar bisa melonggarkan tenggorokan.

🔹Maka mereka meratap-ratap kembali meminta minum,sehingga di berikan kepada mereka minuman akan tetapi minuman tersebut adalah air yang sangat panas mendidih sehingga merekapun mengambilnya dengan pengait dari besi(gancu).

🔸Begitu air minum tersebut mereka dekatkan ke mulut untuk di minum maka panasnya air tersebut langsung menyambar dan membakar muka-muka mereka hingga melepuh.Dan ketika air mulai masuk ke perut maka air tersebut memotong-motong usus dan isi perut mereka.

🔹Maka mereka meminta kepada para penjaga jahanam :

“MINTAKAN PADA ROBBMU AGAR ROBBMU MERINGANKAN ADZAB UNTUK KAMI SATU HARI SAJA.”

Para penjaga neraka menjawab :

“BUKANKAH TELAH DATANG PARA ROSUL YANG DIUTUS PADA KALIAN?”

MEREKA MENJAWAB : “TENTU SAJA.”

PARA PENJAGA NERAKA BERKATA :

” BERDOALAH KALIAN DAN DOA ORANG ORANG KAFIR HANYALAH SIA-SIA” QS GHOFIR:49.
🔶 Selanjutnya para penghuni jahanam berkata pada teman-temannya :

“mintalah kalian pada malaikat Malik penjaga neraka”

Maka mereka berkata :

” WAHAI MALAIKAT MALIK,MINTAKAN PADA ROBBMU AGAR ROBBMU MEMATIKAN KAMI SAJA.”

Malaikat Malik menjawab :

“SESUNGGUHNYA KALIAN AKAN TERUS MENERUS TINGGAL DI DALAMNYA” QS AZ ZUKHRUF: 77.

🔸Akhirnya penduduk neraka meratap meminta pada pada ALLOH :

“WAHAI ROBB KAMI KELUARKAN KAMI DARI DALAM NERAKA APABILA DI DUNIA KAMI KEMBALI KAFIR MAKA KAMI SUNGGUH TERMASUK ORANG-ORANG YANG DHOLIM.”

MAKA ALLOH AZZA WA JALLA Berfirman kepada mereka :

“TINGGALAH KALIAN DENGAN HINA DAN JANGAN BERBICARA LAGI PADAKU.” QS ALMU’MINUN: 107.

🔹Ketika itulah para penghuni jahannam menjadi berputus asa dari setiap kebaikan. Dan mereka mulai meratap dan menangis dengan tersedu-sedu dan meneriakan ucapan-ucapan celaka.
💎 Dari ALHasan beliau berkata :

“Bahwasannya api neraka melahap mereka para penghuni neraka setiap hari 70 kali, kemudian mereka kembali lagi seperti semula.”
🔶 Bahwasannya sifat-sifat jahanam sangat panjang lebar namun mana yang paling mudah dari yang disebutkan selayaknya mencukupi untuk membuat takut, jika engkau beriman dengan ini semua maka hendaknya hal itu menjadi peringatan bagi dirimu,takutlah terhadap siksa neraka yang sudah menanti di hadapanmu.

🔹ALLOH tidak akan mengumpulkan pada seorang hamba dua rasa takut sekaligus yaitu rasa takut ketika di dunia dengan rasa takut ketika di akhirat.

🔸Namun yang kita maksudkan bukan takut seperti takutnya para wanita yang lemah,yang menangis sesaat,kemudian dia tidak mau beramal.

🔹Namun yang kita inginkan adalah rasa takut yang akan mencegah kita dari melakukan maksiat dan menyemangati kita untuk melaksanakan ketaatan pada ALLOH.

🔹Bukan yang dimaksud adalah rasa takut yang dimiliki orang orang yang pandir(bodoh),yang mencukupkan diri ketika mendengar tentang keadaan yang mengerikan kemudian dia mengatakan:

“kami memohon pertolongan pada ALLOH,kami berlindung padaNYA, Wahai robb kami berikanlah kami keselamatan”.

Sementara itu mereka terus berbuat kekejian.

🔸Syaiton telah menjadikan mereka tersihir sehingga tidak sadar,sebagaimana keadaan seseorang yang melihat ada seekor singa sedang menuju kepada dirinya untuk membinasakannya,sementara di sisinya ada benteng yang bisa dia gunakan untuk berlindung.

Kemudian orang ini mengatakan aku berlindung kepada ALLOH dari binatang ini namun orang ini tidak mau berupaya menempuh usaha untuk menyelamatkan diri,Dia terus menerus berdiri di luar benteng dan tidak masuk ke dalamnya.Maka bukan takut model orang pandir seperti mereka yang kita inginkan.
Wallohu A’lam…
SUMBER :

📚 MUKHTASOR MINHAJUL QOSIDIN || Forum Salafy Banjar Negara || 29 sya’ban 1436 H
🔁 diterjemahkan secara bebas oleh :

💺 Al Ustadz Abu ‘Ukasyah Usamah Al Banjary
🇮🇩 Majmu’ah Mudzakaroh Salafiyyah

🎓 WhatsApp Al-Qur’an dan Hadits

MASJID SYAIKH HAMAD AL HAMAD/IMAM ASY-SYAFI’I, DEPOK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress