Bincang #SinergiBersih Bincang Peluang

jualan online…? coba Jualio

jualio

Jualio

mau jualan…? ada produknya …? ada sosial media …? punya websitenya …? aku bayar kemana…? webnya kok tidak friendly gini sih…? bisa buat yang lebih sederhana ..? agar pembeli tahu…? ini bagaimana agar orang bisa tahu kita jualan on line…? gimana caranya ketika orang mencari ubi aku berada dihalaman pertama paling atas, bisa …?
ok..ok…sip gue paham sekarang, gue ada satu pertanyaan, budget kamu berapa untuk menjawab itu semua …?
langsung buka dompet, berapa ya …?
kamu ada Rp 3 milyar perbulan (berita multiply) akan buat mulus seperti yang elo mau…
he..he..he.. jangankan 3 Miliar, 3 juta perbulan saja saya mikir untuk menjawab itu semua…

sekilas omongan basa basi di dunia jualan on line, saya coba sederhanakan kalau kita punya produk dan kita ingin menjualnya di tempat favorit orang-orang yang punya dana tak terbatas untuk setiap apa yang dilihatnya, kalau di dunia nyata,  ketika kita jalan-jalan di mall atau pusat perbelanjaan, lihat beragam kenyamanan yang dibuat pengelola agar betah mau dan betah berlama-lama dipusat perbelanjaan tersebut, pengelola punya tanggung jawab bagaimana orang-orang seantero negeri hadir ketempat tersebut dengan harapan, dari 100 kunjungan terdapat 30 orang yang membeli, maka dia akan terus memperluas lahan parkir jika tidak bisa kebawah dia akan buat parkiran keatas, bagaimana lahan parkirnya bisa menampung lebih banyak pengunjung, bukan hanya itu setiap pengunjung juga diberikan ruang untuk melaksanakan kewajibannya, seperti mushola yang nyaman, kamar mandi yang bersih dan wangi, tempat duduk dan beragam faktor-faktor yang dibutuhkan, pengunjung betah berlama-lama didalam pusat perbelanjaan tersebut, kalau bisa mulai dari mall tersebut buka hingga tutup, pengunjung tidak perlu keluar lagi, semua bisa ia dapati di mall tersebut. apa imbal baliknya, tentu penyewa diharuskan merogoh lebih dalam untuk biaya sewa dan biaya bulanan, jika sanggup silahkan ambil tempat ini, namun jika tidak sanggup kami punya daftar antrian penjual yang siap menggantikan, gampang bukan…? tempat yang baik di imbangi juga dengan “biaya’ yang mumpuni. itu jika kita ingin berjualan di mall yang nyaman, kita harus berani mengeluarkan sejumlah rupiah bahkan mungkin menggunakan mata uang asing untuk imbal baliknya.
sekarang kita coba tempat gratisan, buka tikar, dimana ada petugas lipat tikar, pindah jualannya, lagi enak transaksi, eh ada petugas, batal lagi transaksinya, namun itu bisa diakali dengan ‘bekerja sama’ dengan petugas, yang akhirnya jadilah dengan biaya “apa adanya” lokasi yang seharusnya tempat orang lalu lalang dijadikan tempat berjualan, orang yang lalu-lalang mungkin ada yang cuek saja dengan kondisi tersebut, namun pasti ada yang tidak nyaman, ini trotoar hak pejalan kaki ya berikan kepada pejalan kaki, jangan egois, jangan mentang-mentang sudah berdamai dengan petugas yang ada, lantas kita dengan bangganya berjualan dengan menggunakan fasilitas umum tersebut.
nah sekarang kita pakai analogi sederhana didunia nyata tersebut, kita gunakan untuk berjualan di di dunia on line, berani membayar lebih anda akan mendapatkan lebih, anda membayar seadanya yang kita dapat juga seadanya, sekarang bagaimana dengan barang yang kita miliki, namun kita belum ada dana khusus untuk mendukung kita jualan online.
ilmu yang terbatas, dana juga terbatas….namun mau hasil yang maksimal…?
kalau gitu… coba jualio

 

Depok, #26June2015
@febrianeffendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress