Bincang apa adanya Bincang Keluarga Bincang Sahabat

Hari Jum’at, adalah …

image

Ngopi di Jumat Berkah

Hari Jum’at, Hari Konsentrasi Ibadah

Apa saja keistimewaan hari Jum’at? Bagi setiap umat, ada waktu yang Allah pilih sebagai hari yang jadi pemusatan pikiran untuk ibadah. Dalam sepekan, hari jum’at adalah hari untuk mengkonsentrasikan diri dalam ibadah. Di antara yang bisa diamalkan adalah memperbanyak shalawat dan membaca surat Al Kahfi.

Ketika menjelaskan keistimewaan hari Juma’t, Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

Hari Jum’at adalah hari yang disunnahkan untuk memusatkan perhatian untuk ibadah. Hari Jum’at dibanding dengan hari lainnya memiliki keistimewaan di mana di dalamnya terdapat amalan wajib maupun sunnah.

Allah juga telah memberikan suatu hari bagi setiap umat di mana mereka punya waktu untuk berkonsentrasi dalam ibadah. Pada hari tersebut, mereka menyendiri untuk beribadah pada Allah. Adapun hari Jum’at adalah hari ibadah bagi umat Islam.

Hari Jum’at adalah hari yang istimewa dari hari-hari lainnya, ibarat bulan Ramadhan adalah bulan istimewa dibanding bulan-bulan lainnya. Waktu dikabulkannya do’a pada hari Jum’at sama halnya seperti bulan Ramadhan yang memiliki satu waktu dikabulkannya do’a yaitu di malam Lailatul Qadar. Karenanya, siapa saja yang baik pada hari Jum’atnya, maka baik pula hari-hari lainnya. Begitu pula siapa saja yang baik Ramadhannya, maka baik bulan-bulan lainnya dalam setahun. Juga siapa yang baik hajinya, maka baik pula umurnya.

Hari Jum’at adalah timbangan baiknya hari dalam sepekan, sebagaimana Ramadhan adalah timbangan baiknya bulan dalam setahun. Adapun haji adalah timbangan baiknya umur seseorang. Wabillahit taufiq. (Zaadul Ma’ad, 1: 386).

Demikian, semoga bermanfaat. Hanya Allah yang memberi taufik.

Tengah malam di Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul, 10 Safar 1435 H

Oleh akhukum fillah:
Al-Ustâdz Abu Rumaysho, Muhammad Abduh Tuasikal bin Usman Tuasikal Hafizhahullâh

Rumaysho.com | Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat

[Sumber: https://rumaysho.com/5128-hari-jumat-hari-konsentrasi-ibadah.html ]

♻ Republished by MRA Al-Jafari Al-Alabi
📂 Grup WA & TG : Dakwah Islam
🌐 TG Channel : @DakwahIslam

Share, yuk! Semoga yang anda bagikan menjadi faidah ilmu bagi saudara² kita dan pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress