Bincang Sahabat

Hari hisab …?

 

hari hisab

Bismillah …

Hari akhir (akhirat) merupakan bagian dari keimanan seseorang, rukun iman ke-5. yang dapat membuat orang malu untuk berbuat dosa dan berlomba-lomba melakukan kebaikan. Akhirat di mulai dari nyawa kita di cabut

QS.Ghafir:16

Quote from the Holy Quran Al-Ghaafir (40:16)

يَوْمَ هُمْ بَارِزُونَ ۖ لَا يَخْفَىٰ عَلَى اللَّهِ مِنْهُمْ شَيْءٌ ۚ لِمَنِ الْمُلْكُ الْيَوْمَ ۖ لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ

Yawma hum barizoona la yakhfa AAala Allahi minhum shayon limani almulku alyawma lillahi alwahidi alqahhari

(Yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur tiada suatupun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (Lalu Allah berfirman): “Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?” Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan.

www.muslimpro.com

artinya “pada hari mereka kebangkitan dari kuburan, tidak ada yang tersembunyi dari Allah, Allah berkata ‘milik siapakah hari ini?’, hari itu milik Allah semata, baik mereka suka atau tidak. Pada hari ini akan diberi balasan setiap perbuatan setiap manusia, tidak ada kedzaliman pada hari itu”
Yang pasti semua kebaikan akan mendapatkan ganjaran dari Allah, sedangkan keburukan ada yg di beri ampunan dan ada yang tidak.

Kufur i’rot.
yang tidak memiliki ilmu, orang berbuat suatu kemaksiatan karena tidak tahu maka tidak ada balasan/hukuman dari perbuatan tsb, tetapi dia akan dihukum karena tidak mau belajar mengenai hal tersebut, sedangkan hukuman tidak mau belajar lebih besar dari pada dosa melakukan kebaikan.
Ar raf:38

Quote from the Holy Quran Al-A’raaf (7:38)

قَالَ ادْخُلُوا فِي أُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ فِي النَّارِ ۖ كُلَّمَا دَخَلَتْ أُمَّةٌ لَعَنَتْ أُخْتَهَا ۖ حَتَّىٰ إِذَا ادَّارَكُوا فِيهَا جَمِيعًا قَالَتْ أُخْرَاهُمْ لِأُولَاهُمْ رَبَّنَا هَٰؤُلَاءِ أَضَلُّونَا فَآتِهِمْ عَذَابًا ضِعْفًا مِنَ النَّارِ ۖ قَالَ لِكُلٍّ ضِعْفٌ وَلَٰكِنْ لَا تَعْلَمُونَ

Qala odkhuloo fee omamin qad khalat min qablikum mina aljinni waalinsi fee alnnari kullama dakhalat ommatun laAAanat okhtaha hatta itha iddarakoo feeha jameeAAan qalat okhrahum lioolahum rabbana haolai adalloona faatihim AAathaban diAAfan mina alnnari qala likullin diAAfun walakin la taAAlamoona

Allah berfirman: “Masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan manusia yang telah terdahulu sebelum kamu. Setiap suatu umat masuk (ke dalam neraka dia mengutuk kawannya (menyesatkannya sehingga apabila mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu: “Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka”. Allah berfirman: “Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui”.

www.muslimpro.com

“Di hari hisab nanti, setiap orang yg masuk neraka pasti akan mencari kambing hitam. Dan pertama kali dijadikan kambing hitam adalah orang tuanya. Mereka menyesalkan generasi sebelumnya dan meminta utk meilpatkan azab utk kambing hitam tsb. Padahal tidak ada yg memaksakan hal tersebut.”

Model Mahkhamah Allah

1. Mutlak adil. barang siapa yg melakukan kebaikan maka dia akan melihatnya. jangan remehkan perbuatan baik, karena kita tdk tahu perbuatan baik mana yg memasukkan kita kedalam surga

2. Tidak dipengaruhi oleh nasab/keturunan. Ketika seseorang diadili Allah akan berkata “barang siapa yg pernah di dzalimi orang ini, silahkan menuntut/mengambil kebaikan dari orang ini”, kakak setiap anak, istri, suami akan menutut/mengambil kebaikan walaupun dari nasabnya hanya memikirkan keselamatan diri sendiri, tanpa memikirkan apa yg terjadi pada keluarganya

3. Tidak ada sogok-menyogok pada saat itu. Setiap manusia akan dibangkitkan dengan telanjang, maka tidak memiliki satu hal apapun untuk menyogok keputusan hisab. Pada saat itu jika manusia memiliki harta sepenuh langit dan bumi, maka dia akan berikan semuanya untuk menyelamatkan dirinya.

4. Akan di hadirkan saksi-saksi. Allah ingin ketika manusia masuk kedalam neraka bukan hanya mengakui tetapi juga menyesali tanpa di dzalimi karena akan mengetahui kesalahan, merasa terhina dan layak untuk masuk kedalam neraka.

Siapa saja saksinya:

1. Yang paling agung yaitu Allah
2. Rasulullah dan umatnya
3. Malaikat
4. Anggota badan
5. Bumi akan menjadi saksi
6. Catatan amalan

Hisab ada 2,

1).hisab yang mudah

2). dan yang sulit.

Hisab yg mudah:

Allah akan mendekatkan terdakwa, hingga dekat lalu dipasangkan hijab/penghalang, sehingga proses hisab hanya antara dia dengan Allah, Allah menutup aibnya dari orang lain dan diapun mengakuinya, hingga akhirnya Allah hanya memberikan kitab amalan baik untuknya.

Hal tsb akan didapatkan oleh orang-orang yg menutup aib orang lain
Apa saja yang ditanya di hari hisab ?

– setiap nikmat yang diberikan

1. Nikmat panca indra
2. Usia, ilmu, harta dan jasadnya

– kewajiban
– kepemimpinan
– kalimat yg meluncur dari ucapannya.

Wallahu ‘alam.
====================================================================

RINGKASAN HASIL KAJIAN :

Hari : Sabtu,27.06.15
Jam : 15.30-17.30
Tema : Petaka di hari Hisab
Ustadz ALI NUR, Lc.
Tempat : Masjid Syaikh Hamad al Hamad/Imam Asy-Syafi’i, Depok.

====================================================================

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress