Bincang Keluarga Catatan Teman

amanah harta…

amanah harta

Amanah harta

Kita sudah melakukan apa yang kita yakini adalah benar, dan kita mendapatkan hasil dari apa yang kita usahakan, kita berusaha dari pagi hingga kepagi lagi, berusaha tanpa kenal lelah, lupa dengan waktu, hanya memiliki keinginan aku harus melakukan yang terbaik yang aku bisa dengan harapan hasil yang aku dapat akan terbaik, apa yang aku usahakan itu yang aku nikmati, wajar kalau aku harus berbuat yang terbaik dalam setiap kesempatan.
Apa jadinya jika sudah melaksanakan apa yang menurut kita itulah yang terbaik, namun hasil yang kita peroleh belum seperti harapan yang kita cita-citakan, bahkan jauh dari harapan, apakah kita berhenti berusaha? Atau terus berusaha, pilihan satu, dengan berusaha saja kita belum tentu mendapatkan hasil konon pula kita tidak melakukan usaha, apa jadinya do zero got zero.

Pernahkah terbersit dalam pemikiran kita, bahwa amanah harta yang kita usahakan siang dan malam itu bukan hasil dari kerja keras kita, namun ada kehendak lain yang berkepentingan, sederhananya ialah, upaya maksimal yang kita lakukan setiap saat dan memberikan hasil, hasil yang kita dapat karena ALLAH ridho, ALLAH memberikan kepercayaan kepada kita “hasil” tersebut, kita diberikan kepercayaan mengelola hasil/harta ALLAH lewat tangan, upaya, kepintaran kita. Namun ketika “harta” titipan tersebut kita gunakan bukan dijalan yang di ridhoi ALLAH tunggu, balasan ALLAH lewat, azab, musibah, penyakit, kecelakaan, dan beragam cara-cara ALLAH, terserah ALLAH mau memberikan kepada kita kapan saja dan mengambilnya pun kapan saja, kita tidak tahu, yang kita sadar ketika sudah terjadi, barulah kita berucap innalilahi wainna ilaihi rojiun, milik ALLAH kembali kepada ALLAH. Jangan pernah terbersit semua yang melekat pada diri kita adalah “hasil” jerih payah kita, bukan, sama sekali bukan, hasil yang kita peroleh mutlak milik ALLAH , dan ALLAH berhak mengambil kapan pun.

Coba ingat-ingat perjalanan yang sudah kita jalani, ada berapa banyak hasil yang telah kita peroleh kita pergunakan di jalan ALLAH, murni kita menghabiskannya karena kita cinta, berharap dan takut hanya kepada ALLAH semata. Mudah-mudahan yang sekelumit ini mampu menjadi peringatan bagi diri, maupun pembaca #sinergiBersih

#catatanTeman #05062015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress