Bincang #SinergiBersih

#22Juli2014

Melihat Kekayaan Nusantara

Pantai Base G Papua

Beberapa pekan ini, sebahagian kita energinya banyak terkuras untuk pemilihan presiden, ini saya tujukan bukan hanya kepada calon presiden kita, bukan hanya kepada team sukses yang terlihat, bukan juga kepada media beserta krewnya, bukan juga kepada pendukung yang ada di dunia maya dan nyata, tapi untuk semua yang masih peduli dengan keadaan lingkungannya, sejenak coba kita mengingat-ingat, berapa banyak waktu yang kita sisihkan untuk pesta lima tahunan ini, kita semua punya catatannya.

Ditengah hiruk pikuk, pemilihan presiden, kita juga disuguhi soal info mudik, bagaimana perkembangan menit, kemenit situasi mudik ini, mudah-mudahan info mudik ini tidak hanya terkonsentrasi di pulau Jawa saja, karena Nusantara ini bukan hanya Jawa saja, kita masih mempunya ribuan pulau yang dihuni oleh insan harapan bangsa. Selain itu kita juga patut menghela nafas yang panjang untuk saudara-saudara kita di seberang sana, mereka tidak dapat menikmati kenyamanan seperti yang kita rasakan, mereka hidup dalam ancaman demi ancaman, atau bahkan mungkin tidak sampai jauh keseberang sana, kita mungkin punya tetangga yang keadaanya jauh dari kemapanan, jangan sampai kita peduli terhadap yang jauh, lupa dengan sekeliling kita. harus bersyukur masih diberi kesempatan untuk dapat melewati tahapan-demi tahapan hingga hari ini.

Hari ini, 22 Juli 2014, sesuai dengan jadwal yang telah disepakati sebelumnya akan dilakukan sebuah pengumuman rekapitulasi pengumuman hasil pemungutan suara di Indonesia, info terakhir tadi malam sudah 22 propinsi telah selesai melakan perhitungan, dan 11 masih dalam proses, mudah-mudahan seluruh proses yang telah dilewati dan proses yang masih akan dijalani akan berjalan dengan keterbukaan diliputi rasa damai. Hasil rekapitulasi ini adalah gambaran keinginan rakyat Indonesia paling tidak 185.878.025 rakyat dari 253.650.000, sekitar 73,28% mendapatkan hak suaranya, dan dari 185 juta jiwa tersebut 24,7% tidak menggunakan hak pilihnya (golput) atau berkisar 45.911.872 suara/rakyat tidak menggunakan hak pilihnya. Saya membayangkan, jika 45 juta suara ini dalam satu wadah yang terkordinir dengan baik, suara ini akan mampu merubah keadaan secara drastis, bisa dilihat dari rekap terakhir, selisih suara perolehan hanya bergerak dari angka 2 juta hingga maksimal 5 juta suara, jika suara golput ini bulat mendukung penuh salah satu calon, kita bisa memastikan pemenangnya, karena dengan selisih yang tipis tersebut, daerah abu-abu, atau daerah rawan untuk melakukan kecurangan potensinya sangat besar.

Tapi sudahlah kita semua sudah melalui tahap demi tahap. Kita percayakan dengan rasa percaya yang besar kepada masing-masing calon mereka adalah insan-insan yang berbuat jujur, insan-insan yang memegang teguh keyakinannya, semua yang dilakukannya ada ALLAH yang maha melihat. Kita hormati prosesnya, kita hormati hasilnya dan kita isi lima tahun kedepan adalah milik kita bersama, milik penghuni anak-anak bangsa.

Mari sama-sama kita tuangkan seluruh kemampuan terbaik kita untuk membangun Nusantara ini, jangan biarkan sejengkal tanah Nusantara ini diajarah dengan keserakahan, jangan biarkan penghuni anak negeri ini menjadi budak di tanah kelahirannya, jangan biarkan tunas-tunas bangsa ini gugur sebelum berkembang, jangan beri ruang pengkhianat-pengkhianat bangsa ini mengambil keuntungan sesaat, dan kita tak akan pernah biarkan segenggam kekayaan nusantara ini dinikmati oleh segelintir pejabat-pejabat, kita ingatkan mereka, bahwa ini nusantara kita bersama, mari kita jaga, mari kita lindungi, dan kita isi kemenangan rakyat Nusantara.

Saya masih percaya, dan saya yakin kita semua percaya, bahwa Nusantara ini adalah tempat tinggal kita bersama, yang didalamnya kita bersama-sama mencari kehidupan yang halal untuk diri, istri, anak dan keluarga kita, kita tak ingin mewariskan negeri yang terjajah, kita tak ingin mewariskan Negeri yang porak poranda, kita semua menginginkan mewariskan kesejahteraan penuh kedamaian untuk penerus bangsa.

Sekali lagi, kita jalani, kita nikmati dan kita jaga, kita kawal prosesnya bersama-sama, berusaha dan berdoa. untuk rumah kita semua.

@febrianeffendi
#22072014

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by: Wordpress