Bincang #SinergiBersih Bincang Santai

17 menit ? Bercanda aah

(null)

Sepekan ini banyak saya baca soal banjir di ibukota, eeh maksudnya bayar pajak kendaraan bermotor, jauh amat banjir ibukota Negara dengan Pajak Kendaraan Bermotor. Pengalaman terakhir memperpanjang kendaraan bermotor tahun lalu membutuhkan waktu sekitar 125 menit di Samsat Pusat kota Depok.
Berdasarkan pengalaman yang lalu, saya kagum ada info yang saya baca di Facebook dan Blog, hanya butuh waktu 25 menit saja untuk prosesnya, keren.
dulunya saya meluangkan waktu 150 menit sekarang cukup 25 menit saja. Cakep kata saya.
Selepas makan siang, bawa rombongan istri dan anak-anak ikutan menuju ITC Depok, perjalanan dari rumah menuju ITC sekitar 10 menit, masuk ITC lantai Mezanine, istri turun untuk tanya informasi dan antri untuk prosesnya, siapkan KTP, surat refrensi dari Lembaga Keuangan, STNK Asli, semua berkas disiapkan dan nanti di fotokopi, tenang udah banyak mesin fotokopi disana gak perlu keluar bangunan deh.
fotokopi plus map tebus Rp 4ribu, info dari petugas fotokopi mengatakan berkas kami kurang, fotokopi BPKB yang disiapkan leasing harus dilegalisir di kantor SAMSAT pusat.
fotokopi BPKB harus dilegalisir ? Buat apa pikir aku? Bukannya bisa dilakukan pengecekan sederhana saja, nama yang tertera di BPKB sudah sesuai dengan KTP dan alamat pun sama terus…kenapa perlu dilegalisir…? Ah sudahlah ini kan cuma logika awam saya saja, pada saat pendaftaran kita diminta bawa BPKB Asli, KTP dan STNK guna menyocokkan nama pembayar pajak atas mobil yang bersangkutan, tidak mungkin kan data ini tidak disimpan, saya kira biaya legalisir gratis, kan cuma cek ulang plus stempel ternyata kita pembayar pajak harus mengeluarkan uang Rp 50rb dan Rp 20rb uang ongkos seiklashnya ( awalnya menyebut angka Rp 10rb) tapi masa tega sih kasih ongkos PP dari ITC Depok ke Samsat Pusat Rp 10rb.
Yang jadi pertanyaan besar saya, apa perlu dilegalisir ?
Petugas lapangan juga sempat menawarkan, bisa kok pak ke samsat Pusat dan melegalisir sendiri tetapi tetap kena biaya Rp 50rb.
ini resmi gak sih ? Masuk kas daerah atau tidak? Tanpa legalisir sebenarnya bisa kan?
Mudah-mudahan ada yang berwenang bisa menjawab pertanyaan sederhana ini.
tidak lama berdiskusi santai dengan istri dan bermain -main dengan anak-anak nama pun dipanggil surat PKB sudah keluar…lah jadi tadi tidak menunggu surat yang dilegalisir…? Masih bertanya.
Sudah jadi ? Sudah, jawab istri saya
Waah cepat ya, total waktu yang dibutuhkan hanya 17 menit saja, semenjak fotokopi berkas, periksa berkas, panggilan dan dapat PKB nya, keren soal 17 menit,
kurang keren soal biaya legalisir….tetep.

Depok, #11022015
@febrianeffendi

Incoming search terms:

2 Comments

  • September 26, 2015 - 10:33 | Permalink

    layanan samsat pajak tambah baik dan benar-benar sesuai fungsinya

    • admin
      September 26, 2015 - 12:10 | Permalink

      Semoga dipertahankan dan digunakan sebagai mana mestinya

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Powered by: Wordpress